Hyundai Santa Fe vs Rivals (Big SUV Diesel)

Industri otomotif Korea memang luar biasa. Setelah menggebrak melalui duo medium SUV, Hyundai Tucson dan Kia Sportage, yang menyasar di kelas Honda CRV dan Nissan X-Trail, kali ini mereka juga hadir di kelas yang lebih tinggi yaitu big SUV. Adalah Hyundai yang memulai genderang perang dengan SUV Diesel 7-seater dengan andalannya yaitu Santa Fe CRDi 2.2 A/T. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang  menawarkan dua jenis bahan bakar, kali ini mereka cuma menghadirkan satu varian berbahan bakar diesel saja. Pasar yang disasar adalah big SUV yang selama ini dikuasai oleh Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Selain kedua penguasa ini, masih terdapat Ford Everest dan pendatang baru, Chevrolet Trailblazer.

Melihat tampilannya yang sedikit berbeda dengan pemain lama yang cenderung macho dan jantan, maka Santa Fe terlihat begitu stylish layaknya tampilan medium SUV. Bedanya dengan medium SUV hanya pada bodi yang bongsor dan tentunya jumlah kursi. Secara pribadi saya menilai tampilan Santa Fe nyaris sempurna. Satu-satunya hal yang menggangu bagi saya hanyalah ukuran foglamp yang begitu besar dan kurang proporsional. Alangkah baiknya jika modelnya tidak beda jauh dengan foglamp Hyundai Tucson.

Kali ini saya menyajikan ulang tulisan di majalah Auto Bild edisi 256, 15 Februari 2013. Disini Santa Fe diadu dengan dua flagship penguasa big SUV yaitu Mitsubishi Pajero Sport Dakkar Hi-Power 4×4 A/T dan Toyota Fortuner TRD Sportivo 2.5 A/T. Pajero sport menjadi satu-satunya peserta yang menggunakan transmisi 4×4. Tentunya akan lebih pas jika yang diajak adalah varian dibawahnya Dakkar Hi-Power4x2. Selain lebih seimbang dalam hal harga beli, bobotnya yang lebih ringan menghasilkan akselerasi yang lebih baik dan konsumsi bbm yang jauh lebih hemat dari versi 4×4. Kecuali anda menggunakannya untuk medan yang sangat berat, misalnya daerah pertambangan atau perkebunan, maka versi 4×4 tentunya adalah pemborosan.

3 Responses to Hyundai Santa Fe vs Rivals (Big SUV Diesel)

  1. Ricky Sunandar says:

    Kenapa 4×4 selalu diinformasikan untuk medan berat ?
    Sedank kan banyak kendaraan 4×4 di eopa dan USA digunakan di jalan perkotaan..

    • hiumatic says:

      Pada dasarnya 4WD atau pun AWD adalah perangkat mekanis yang membuat mobil mampu bertraksi lebih baik dalam berbagai kondisi jalan. Untuk SUV (4WD) tentunya dipakai untuk melintasi medan berat agar tidak terperosok atau mudah terguling di medan miring.

      Untuk mobil sport (jalan raya) atau mobil balap yang lebih cocok dengan AWD, berguna untuk menjaga kestabilan saat berpacu dalam kecepatan tinggi. Selama mobil tidak dipaksa untuk medan berat atau dipacu dalam kecepatan tinggi seperti balap atau rally, 4×4 adalah pemborosan bagi bahan bakar sehingga jarang dipasang di mobil biasa.

  2. zunk says:

    waw jadi top mana nih antara santafe fortuner atau pajero haha
    tlng jwb d comment hehe🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s