Crossover Battle

Pasar SUV di Indonesia memang menggiurkan. Sejak 10 tahun terakhir permintaan konsumen semakin meningkat. Fleksibilitas di segala medan serta kepraktisan memang membuat konsumen Indonesia menyukai kendaraan jenis ini.

Walaupun bukan murni berjenis SUV, Subaru XV datang mengganggu pemain SUV medium. Memiliki gen crossover dengan basis Impreza terbaru, XV tampil cukup mencengangkan. Ia dilempar ke pasar dengan sistem penggerak 4 roda namun masih memiliki harga sangat kompetitif.

Versi termurah dijual seharga Rp 338 juta, sementara varian tertinggi seperti unit yang kami tes ini hanya dibanderol Rp 359 juta. Hal tersebut jelas membuat XV memiliki daya tarik kuat. Apalagi mobil ini memiliki emblem Subaru yang sudah lama terkenal merupakan merek Jepang yang mengedepankan keasyikan mengemudi serta performa tinggi.

Tapi memang tidak mudah bagi XV untuk datang dan langsung memenangkan persaingan. Banyaknya pemain kuat di kelas ini jelas merupakan tantangan tersendiri. Meski harganya kompetitif, tetap saja ada beberapa rival yang mesti dihadapi langsung.

Tantangan pertama hadir dari Mitsubishi Outlander Sport yang juga menggegerkan pasar karena harga yang sangat rendah. Bahkan varian tertinggi PX yang kami hadirkan di tes kali ini saja hanya berharga Rp 333 juta. Bentuk menarik serta DNA reli yang kuat seperti Subaru membuat Mitsubishi bukan lawan yang mudah ditumbangkan.

Lantas XV juga mesti berhadapan dengan raja SUV medium yakni Mazda CX-5. Mengusung teknologi SKYACTIV sehingga memiliki performa terbaik serta kehematan impresif, CX-5 secara meyakinkan telah memenangi Tes Jalan SUV medium di Auto Bild beberapa waktu lalu. Namun mengingat faktor harga jual XV, CX-5 yang kami hadirkan kali ini bukan tipe termahal melainkan tipe terendahnya yakni Sport.

Ketiga mobil penjelajah inipun kami bawa ratusan kilometer mengarungi hutan perkotaan, mulusnya aspal sampai ke jalan tanah di pedesaan. Siapa yang terbaik di antara ketiganya?

Pertarungan kunci : Bagaimana saat di medan off-road?
Untuk pemotretan, Air Terjun Bidadari, Sentul, dipilih menjadi lokasi. Selain lokasinya bagus, kondisi jalan yang tergolong off-road ringan bisa menjadi materi pengujian yang menarik.

Ketiga mobil peserta Tes Jalan memiliki ground clearance di atas 200 mm. Jadi untuk melewati jalanan berbatu sepanjang 500 m sebelum lokasi air terjun bukan masalah bagi Subaru XV, Mazda CX-5 dan Mitsubishi Outlander.

Bantingan suspensi CX-5 menunjukkan kualitasnya. Guncangan bisa diredam dengan sangat baik. Hal serupa juga dilakukan Outlander Sport yang kemampuan peredamannya sedikit di bawah CX-5.

Namun, soal traksi Subaru XV jawaranya. Khususnya saat melewati trek gravel dengan pasir halus dan kerikil menjelang air terjun. Keempat ban seperti mencengkeram permukaan tanah yang licin itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s