Key History

Mitsubishi Galant Hiu adalah generasi ke 8 dari galant yang beredar di seluruh dunia. Walaupun ada generasi ke 9 yang beredar di AS sebagai penerusnya, galant hiu adalah  galant terakhir yang beredar di Indonesia. Galant memperoleh penghargaan Japan Car of the Year 1996-1997 (COTY). Mobil ini pertama kali diperkenalkan PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) pada tahun 1998. PT KTB mengeluarkan galant ini dalam dua varian yaitu transmisi manual dan automatik. Untuk interior dan eksterior sama persis, tidak terdapat perbedaan antara kedua varian tersebut.

Galant Super VR4, edisi khusus COTY 1996-1997

Berbeda dengan galant generasi sebelumnya yang menggunakan mesin 2.000 cc DOHC  dengan dua pilihan konfigurasi mesin V6 24 katup dan ECI Multi 16 katup, kali ini galant hanya menggunakan mesin V6 (6 silinder berkonfigurasi V) baru berkode 6A13 dengan kapasitas 2.500 cc SOHC.  Dengan peningkatan kapasitas diharapkan galant baru ini lebih kencang dari generasi sebelumnya, namun jauh lebih irit karena menggunakan SOHC. Tenaga maksimum yang dihasilkan menjadi 167PS/6000rpm dan torsi maksimum 22Kgm/5100rpm. Kecepatan maksimum diklaim 225km/jam untuk manual dan 215km/jam untuk transmisi automatik.

Suspensi independen di keempat rodanya menggunakan konstruksi multi-link yang sangat stabil saat berkendaraan dengan kecepatan tinggi ditikungan.  Dilengkapi dengan SRS airbag pada posisi pengemudi, rem cakram di bagian depan dan belakang serta teknologi anti-lock-braking system (ABS).

Perubahan yang terlihat pada versi facelift adalah velg dan jok kulit

Model ini bertahan hingga 2005, setelah sempat mengalami facelift di tahun 2004 dengan perubahan tidak signifikan pada velg, jok kulit, headunit 2-DIN dan warna bodi. Rumor menyebutkan bahwa perubahan tidak terlihat dilakukan pada sistem transmisi automatic berupa penyempurnaan torque converter yang ditenggarai bisa memunculkan masalah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s