Checklist

KAKI-KAKI

Pastikan kaki-kaki masih dalam kondisi prima. Misalnya pada suspensi belakang, bushing arm dan ball join yang bermasalah akan menyebabkan ban cepat aus dan limbung pada kecepatan diatas 60km/jam. Shockbreaker yang bermasalah sering menimbulkan bunyi-bunyian. Ciri lainnya adalah bisa tampak dari rembesan oli disekitar tabung.

Untuk ball join depan yang rusak dapat dilihat gejalanya dari mobil yang membuang ke kiri dan kanan saat berjalan. Selain itu saat setir dibelokkan saat menikung akan terdengar bunyi gemertak dari kolong depan. Penyebabnya adalah umur yang sudah lebih dari 5 tahun. Selain itu bisa juga karena sering melewati jalan rusak dan penggunaan velg besar. Masalah yang timbul adalah ball joint menyatu dengan armnya sehingga harus diganti satu set dan realtif mahal.

Cek juga lampu indikator ABS apakah menyala saat mobil berjalan. Jika ya, pastikan bahwa sensornya tidak rusak sehingga anda tidak harus mengeluarkan dana tambahan untuk menggantinya. Lampu sensor ABS seharusnya hanya menyala sebentar saat mesin dinyalakan.

MESIN

Mesin 6A13 SOHC relatif bandel. Jarang terjadi kerusakan. Agar lebih yakin, bawalah galant yang sudah anda incar ke Bengkel resmi untuk diperiksa secara lengkap. Perlu juga dipastikan tidak ada getaran saat transmisi berada dalam posisi N (matic) karena dapat disebabkan oleh engine mounting yang rusak dan harus diganti dengan part orisinil agar tahan lama. Mesin V6 aslinya sangat halus dan minim getaran.

Sempatkan juga untuk melihat selang-selang yang basah oleh oli. Usia yang cukup tinggi menyebabkan beberapa selang tersebut getas dan harus diganti. Walaupun terkesan sepele, anda harus menyiapkan dana yang tidak sedikit karena harganya tidak murah.

TRANSMISI

Pastikan transmisi automatik terasa halus, karena dalam kondisi prima transmisi INVECS-4 speed sangat lembut. Jika terasa pergantian kasar, maka waspadalah karena kerusakan pada torque converter sering terjadi. Harga baru torque converter dan pemasangannya di bengkel resmi sangat menguras kantong, walaupun masih dapat diatasi dengan mengganti converter copotan yang banyak tersedia dengan harga yang sangat terjangkau.

INTERIOR

Cek display AC Digital apakah berfungsi dan tampak jelas. Pastikan juga sensor otomatis bekerja tanpa masalah. Cek semua lampu interior apakah menyala dengan baik, kisi-kisi AC tidak ada yang patah, defogger berfungsi baik, dan lampu-lampu engine tidak ada yang menyala. Periksa juga antena belakang apakah berfungsi saat radio dinyalakan. Terakhir, periksa apakah electric dan retractable mirror berfungsi dengan baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s